Tunggu Pengumuman Data Inflasi, Fisik Emas JFXGOLD X Terus Menguat!

Menjelang data inflasi yang akan diumumkan The Fed pekan ini, harga fisik emas JFXGOLD X terus menguat. Seperti kembali pada...
Tunggu Pengumuman Data Inflasi, Fisik Emas JFXGOLD X Terus Menguat!

Menjelang data inflasi yang akan diumumkan The Fed pekan ini, harga fisik emas JFXGOLD X terus menguat. Seperti kembali pada posisi awal bulan, menjelang akhir bulan Februari 2024 harga fisik emas JFXGOLD X kembali mengalami peningkatan, hingga pada hari ini (27/2/2024) harga fisik emas JFXGOLD X menduduki posisi US$. 2.047,5 per troy ounce atau Rp. 1.029,018 per gram. Jika dibandingkan dengan harga pada perdagangan kemarin fisik emas JFXGOLD X mengalami kenaikan sebanyak 0,10% per troy ounce.

Tidak terus menguat, sebelumnya harga fisik emas JFXGOLD X sempat melemah pada hari Selasa minggu lalu (20/2/2024) dengan berada di posisi US$ 2.031,13 per troy ounce atau Rp. 1.020.846 per gram. Penurunan harga fisik emas JFXGOLD X saat itu dikarenakan fokus pasar yang beralih ke data inflasi AS yang akan dirilis pada minggu ini. Hal ini juga dapat mempengaruhi jadwal penurunan suku bunga The Federal Reserve (The Fed).

Mengutip dari Investing.com kenaikan harga fisik emas JFXGOLD X merupakan imbas dari pengumuman data ekonomi AS dari sektor perumahan yang diterbitkan tadi malam. Penjualan rumah baru di AS tercatat mengalami penurunan dan izin bangunan meningkat. Emas gagal mendorong naiknya harga dalam beberapa pekan terakhir saat sejumlah pejabat The Fed memperingatkan bahwa bank tersebut tidak terburu-buru untuk memangkas suku bunga.

“Jika data PCE keluar sedikit lebih hangat maka akan menjadi bearish untuk logam, namun emas akan mempertahankan kisaran US$2.000 per troy ons. Agar bisa turun di bawah itu, data ekonomi minggu ini harusnya sangat panas,” ujar Jim Wyckoff, analis senior pasar fisik komoditi, kepada Reuters, dikutip dari CNBC Indonesia.

Diluar dari data PCE, angka kedua produk domestik bruto kuartal keempat juga akan dirilis pada minggu ini. Melalui rilis ini diperkirakan akan menunjukan beberapa penurunan dalam pertumbuhan ekonomi AS. Namun tidak sampai tingkat yang menjamin penurunan suku bunga lebih awal.

Suku bunga AS yang tinggi menjadikan emas menjadi sulit digapai sehingga terlihat kurang menarik di mata para investor.

Simak terus updatenya hanya di MetalNews!
#MetalNews
#JadiTau

Comments are closed.