Semangat Senin, Harga Fisik Emas JFXGOLD X Terus Menguat!

Menjadi minggu penutup pada bulan Februari 2024, hari ini Senin (26/2/2024) harga fisik emas JFXGOLD X kembali menguat dengan berada...
Semangat Senin, Harga Fisik Emas JFXGOLD X Terus Menguat!

Menjadi minggu penutup pada bulan Februari 2024, hari ini Senin (26/2/2024) harga fisik emas JFXGOLD X kembali menguat dengan berada di posisi US$. 2.045,34 per troy ounce atau Rp. 1.027,918 per gram. Harga pada perdagangan hari ini mengalami kenaikan sebesar 0,53% per troy ounce atau Rp. 1.439 per gram, jika dibandingkan dengan harga pada perdagangan pada Senin minggu kemarin (19/2/2024).

Naiknya harga fisik emas JFXGOLD X selama satu minggu kebelakang ini didukung juga oleh pelemahan dollar dan permintaan aset Safe Haven dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, bahkan ketika pejabat The Federal Reserve (The Fed) AS meremehkan harapan penurunan suku bunga pada awal tahun ini.

Mengutip dari Reuters dalam CNBC Indonesia, Bob Haberkorn ahli strategi senior pasar fisik komoditi mengatakan “Emas naik terutama karena fakta bahwa dollar AS sedikit melemah,” ia menambahkan “Saat ini pasar logam mulia sedang dalam kondisi yang sulit, namun terdapat banyak pembelian safe haven meskipun harga logam mulia berada pada level yang tinggi”.

Sebelumnya pada risalah rapat yang dirilis pada minggu lalu, sebagian besar pemangku kepentingan The Fed khawatir mengenai risiko jika adanya penurunan suku bunga yang terlalu cepat. Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan bahwa bank tidak terburu-buru untuk memangkas suku bunga lebih awal, mengingat inflasi tetap tinggi. Komentarnya muncul setelah beberapa pejabat The Fed lainnya memberikan sinyal serupa pada minggu lalu, seperti halnya pada pertemuan Fed di akhir Januari lalu.

Harga emas yang sensitif dengan pergerakan suku bunga AS menjadikan harga emas cukup bergantung dengan pergerakannya. Jika terjadi kenaikan suku bunga AS dan menjadikan dollar dan imbal hasil Treasury menguat, maka kondisi tersebut tidak menguntungkan emas, karena harganya menjadi sulit untuk dibeli sehingga emas kurang menarik di mata para investor dan membuat permintaannya menurun. Namun menguatnya harga fisik emas JFXGOLD X ini menjadi momentum yang tepat untuk melakukan transaksi penjualan.

Simak terus updatenya hanya di MetalNews!
#MetalNews
#JadiTau

Comments are closed.